SISTEM INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN

Tugas mata kuliahTeknik Pemrograman dan Pengamanan WEB “Ilmu Perpustakaan FIA-UB” disusun oleh: Erick Muzakir (125030700111040) Sheila Lugitha (125030707111022) Risman Kadir (125030706111005)

Sekilas tentang Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah sebuah tatanan keterpaduan yang terdiri dari sejumlah komponen fungsional yang saling berhubungan untuk memenuhi suatu proses atau pekerjaan tertentu. (Fahansyah, Basis Data 1999:9).

Informasi adalah data yang telah diproses atau memiliki arti. (Raymond Mc Leod Jr, Sistem Informasi Manajemen, 1998).

Sistem Informasi adalah cara – cara mengolah pekerjaan informasi menggunakan pendekatan sistem yang berdasarkan pada prinsip – prinsip manajemen. (Drs. Zulkipli Amsyah, Manajemen Sistem Informasi, Jakarta, 1997:7).

Sistem informasi manajemen (SIM) adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.Biasanya sistem informasi manajemen menghasilkan informasi untuk memantaukinerja, memelihara koordinasi, dan menyediakan informasi untuk operasiorganisasi.Definisi Sistem Informasi Manajemen (SIM) menurut para ahli dalamEdhy sutanta (2003: 18):

1. Robert G . Murdick dan Joel E. Ross mendefinisikan bahwa” SistemInformasi manajemen adalah proses komunikasi di mana informasi masukan(input) direkam, disimpan, dan diproses untuk menghasilkan output yang berupakeputusan tentang perencanaan, pengoperasian, dan pengawasan.”
2. Gordon B Davis mendefinisikan bahwa “sistem informasi manajemenmerupakan sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu guna menyajikaninformasi untuk mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilankeputusan dalam sebuah organisasi.”

Sistem informasi manajemen perpustakaan dapat didefinisikan sebagaisebuah sistem manusia dan mesin yang terpadu/terintegrasi, untuk menyajikaninformasi guna mendukung fungsi operasional, manajemen, dan pengambilankeputusan dalam sebuah perpustakaan.Pada dasarnya konsep sistem informasi manajemen perpustakaan merupakan penerapan sistem informasi di dalam perpustakaan untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua pengguna. Sistem informasi perpusatakaan ini berfungsi membantu user agar dapat memanfaatkan perpustakaan dengan mudah, cepat dan tepat.

Apa yang pengguna perpustakaan butuhkan?

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa pengguna perpustakaan datang ke perpustakaan adalah untuk mencari data / sumber informasi sebagai referensi yang mereka perlukan. Selain itu, kemudahan dalam memperoleh informasi buku/ sumber informasi, kemudahan dalam meminjam/ mengembalikan buku merupakan daya tarik yang diperlukan secara mutlak oleh sebuah Perpustakaan. Di era sumber informasi yang serba cepat sudah menjadi jaminan bahwa informasi yang cepat, akurat dan efisien akan membuat seseorang menjadi yang terdepan dalam berbagai hal. Oleh karena itu perpustakaan sebagai sumber informasi / sumber rujukan bagi semua orang, harus ikut menyesuaikan dengan kebutuhan di masa yang akan datang.

Apa saja yang diperlukan Perpustakaan

Perpustakaan dalam memudahkan pencarian Informasi tentunya membutuhkan sebuah sistem manajemen yang mengelola informasi – informasi yang ada untuk ditemukan kembali oleh Pengguna dalam waktu yang cepat dan tentunya sesuai dengan yang diinginkan pengguna (relevan). Sistem ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses temu-kembali informasi, dimana terdapat sistem yang menggunakan operator untuk membantu proses temu kembali dan sistem temu kembali secara mandiri, misal : Online Public Access Catalog (OPAC). Sistem ini dihadirkan dalam bentuk yang sederhana namun bisa diakses secara langsung melalui website perpustakaan. Kemudian pada pemanfaatannya sangat ditekankan pada kualitas pencarian sumber – sumber referensi, sehingga pengguna merasa puas meskipun belum datang ke perpustakaan dan dapat mencari sumber referensi alternatif di perpustakaan lain jika tidak menemukan sumber referensi di perpustakaan tersebut.
Selain Sistem Informasi untuk pengguna perpustakaan, seharusnya sebuah perpustakaan juga memerlukan sebuah Sistem untuk mengelola perpustakaan agar lebih efektif dan efisien. Misalnya untuk layanan pengadaan memerlukan sebuah sistem untuk mengolah data – data buku baru, buku yang rusak, buku yang sedang diperbaiki, buku yang hilang, buku dipinjam, buku yang paling sering dipinjam, dan lain sebagainya. Tentunya tanpa ada sistem yang mengelola semua Informasi ini, maka pustakawan pun akan bekerja sangat keras untuk bisa menyajikan informasi – informasi tersebut kepada pengguna perpustakaan. Untuk memudahkan penyajian data, maka Sistem Informasi inilah yang sangat berjasa bagi Pustakawan dalam mengelola Sumber Informasi.
Sebenarnya semua aspek pelayanan dalam perpustakaan sangat memerlukan Sistem Informasi ini, akan tetapi semua itu dikembalikan kepada keadaan seperti apa perpustakaan tersebut berjalan. Mulai dari Pustakawan terampil yang mengelola perpustakaan, kemudian sumber dana yang dimiliki, dan kebutuhan dari pengguna apakah dirasa perlu menggunakan Sistem Informasi tersebut. Perlu pendalaman yang lebih dalam memilih pelayanan mana yang dirasa memerlukan Sistem Informasi. Sehingga pemanfaatannya mampu digunakan secara maksimal.
Meski begitu tidak ada salahnya jika semua perpustakaan mulai mengaplikasikan Sistem Informasi pada Perpustakaan, hal ini juga memberikan keuntungan tersendiri dari segi efisiensi penggunaan kertas dan lain sebagainya. Sehingga hasil akhir yang didapat dengan pengaplikasian Sistem Informasi pada Perpustakaan ini adalah Kepuasan dari Pengguna Perpustakaan (Pemustaka).
Kesimpulan akhir :
1. Sistem Informasi pada Perpustakaan – Penting untuk mendukung pengelolaan perpustakaan, agar dapat lebih memajukan ketersediaan akses informasi kepada penggunan perpustakaan/ pemustaka.

2. Sistem Informasi pada Perpustakaan – Bertujuan untuk memudahkan pemustaka dalam mengelola sebuah perpustakaan. Dimana ketika manusia sudah mencapai batas – batas kemampuan yang dimiliki dalam mengelola sumber informasi yang cukup besar.

3. Sistem Informasi pada Perpustakaan – Harus disesuaikan dengan kebutuhan dari perpustakaan itu sendiri, apakah sudah dirasa memerlukan atau masih belum. Hal ini tentu perlu dipelajari lebih jauh bagi Perpustakaan yang bersangkutan. Karena dengan adanya Sistem Informasi mampu memacu pertumbuhan Sumber Informasi dengan sangat cepat. Dan diperlukan pengelola atau ahli teknologi guna mengelola secara lebih tepatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s