kepemimpinan -____-

1.            Sebut dan jelaskan evolusi teori-teori kepemimpinan

Evolusi teori-teori kepemimpinan adalah sebagai berikut:

a.                    Teori Genetik (Genetic Theory)

Pada teori genetik ini memiliki ungkapan yang sangat populer waktu itu yaitu “a leader is born, not made”. Seorang dilahirkan dengan membawa sifat-sifat kepemimpinan dan tidak perlu belajar lagi. Sifat-sifat utama seorang pemimpin diperoleh secara genetik dari orang tuanya.

b.            Teori Sifat (Trait Theory)

Sesuai dengan namanya, maka teori ini mengemukakan bahwa efektivitas kepemimpinan sangat tergantung pada kehebatan karakter pemimpin. “Trait” atau sifat-sifat yang dimiliki antara lain kepribadian, keunggulan fisik dan kemampuan social. Penganut teori ini yakin dengan memiliki keunggulan karakter di atas, maka seseorang akan memiliki kualitas kepemimpinan yang baik dan dapat menjadi pemimpin yang efektif. Karakter yang harus dimiliki oleh seseorang menurut Judith R. Gordon mencakup kemampuan yang istimewa dalam (1) Kemampuan Intelektual (2) Kematangan Pribadi (3) Pendidikan (4) Status Sosial dan Ekonomi (5) “Human Relations” (6) Motivasi Intrinsik dan (7) Dorongan untuk maju (achievement drive).

c.            Teori Perilaku (The Behavioral Theory)

Mengacu pada keterbatasan peramalan efektivitas kepemimpinan melalui teori “trait”, para peneliti pada era Perang Dunia ke II sampai era di awal tahun 1950-an mulai mengembangkan pemikiran untuk meneliti “behavior” atau perilaku seorang pemimpin sebagai cara untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan. Fokus pembahasan teori kepemimpinan pada periode ini beralih dari siapa yang memiliki kemampuan memimpin ke bagaimana perilaku seseorang untuk memimpin secara efektif.

d.            Situasional Leadership

Pengembangan teori situasional merupakan penyempurnaan dan kekurangan teori-teori sebelumnya dalam meramalkan kepemimpinan yang paling efektif. Dalam “situational leadership” pemimpin yang efektif akan melakukan diagnose situasi, memilih gaya kepemimpinan yang efektif dan menerapkannya secara tepat. Seorang pemimpin yang efektif dalam teori ini harus bisa memahami dinamika situasi dan menyesuaikan kemampuannya dengan dinamika situasi yang ada. Empat dimensi situasi yakni kemampuan manajerial, karakter organisasi, karakter pekerjaan dan karakter pekerja. Keempatnya secara dinamis akan memberikan pengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan seorang

e.            Transformational Leadership

Pemikiran terakhir mengenai kepemimpinan yang efektif disampaikan oleh sekelompok ahli yang mencoba “menghidupkan” kembali teori “trait” atau sifat-sifat utama yang dimiliki seseorang agar dia bisa menjadi pemimpin. Robert House menyampaikan teori kepemimpinan dengan menyarankan bahwa kepemimpinan yang efektif mempergunakan dominasi, memiliki keyakinan diri, mempengaruhi dan menampilkan moralitas yang tinggi untuk meningkatkan kadar kharismatiknya (Ivancevich, dkk, 2008:213)

Dengan mengandalkan kharisma, seorang pemimpin yang “transformational” selalu menantang bawahannya untuk melahirkan karya-karya yang istimewa. Langkah yang dilaksanakan pada umumnya adalah dengan membicarakan dengan pengikutnya, bagaimana sangat pentingnya kinerja mereka, bagaimana bangga dan yakinnya mereka sebagai anggota kelompok dan bagaimana istimewanya kelompok sehingga dapat menghasilkan karya yang inovatif serta luar biasa.

Menurut pencetus teori ini, pemimpin “transformational” adalah sangat efektif karena memadukan dua teori yakni teori “behavioral” dan “situational” dengan kelebihan masing-masing. Atau, memadukan pola perilaku yang berorientasi pada manusia atau pada produksi (employee or production-oriented) dengan penelaahan situasi ditambah dengan kekuatan kharismatik yang dimilikinya. Tipe pemimpin transformational ini sesuai untuk organisasi yang dinamis, yang mementingkan perubahan dan inovasi serta bersaing ketat dengan perusahaan-perusahaan lain dalam ruang lingkup internasional. Syarat utama keberhasilannya adalah adanya seorang pemimpin yang memiliki kharisma. (Ivancevich, 2008:214)

2.            Uraikan (minimal 3 hasil penelitian tentang tokoh) pada kepemimpinan situasional!

Hasil penelitian pada kepemimpinan situasional:

a.            Penelitian tentang Model Kepemimpinan Kontijensi Fiedler (Least Preferred Coworkers (LPC)) dengan menggunkan variabel situasional yang dilakukan Mitchell dkk (1970), Wearing dan Bishop (1974), Geroie (1981), Peter dkk (1985)

Hasil penelitiannya adalah

1)            Menurut Schriesheim dan Kerr (1977) mengkritik kelemahan konseptual yang serius pada model kepemimpinan kontijensi Fiedler dengan menggunakan Least Preferred Coworkers (LPC)

2)            Ashour (1973) menyebutkan bahwa model LPC benar-benar sebuah teori karena tidak menjelaskan bagaimana nilai LPC seorang pemimpin mempengaruhi kinerja kelompok.

b.             Penelitian mengenai teori jalur tujuan kepemimpinan Path Goal Theory of leadership

Menurut Path-Goal Theory, dua variabel situasi yang sangat menentukan efektivitas pemimpin adalah katakteristik pribadi para bawahan/karyawan dan lingkungan internal organisasi.

Penelitian yang dilakukan:

Penelitian yang dilakukan untuk menguji teori path goal antara lain dilakukan oleh Wofford dan Liska (1993) yang meninjau 120 studi survey mengenai teori ini dan melakukan sebuah meta analisis yang memberikan hasil bagi perilaku tugas dan hubungan. Podsakof, dkk (1995) juga melalukan sebuah tinjauan luas atas penelitian mengenai variabel moderator dalam kepemimpinan.

c.            Penelitian mengenai model kepemimpinan situasional Hersey-Blanchard.

Hasil penelitiannya adalah:

Ivancevich (2007) mencatat bahwa pengetesan terhadap model ini masih sangat terbatas. Bahkan, Marshal Sashkin dan Molly G. Sashkin (2003) mempertanyakan bagaimana pemimpin dapat mengubah atau mengadaptasi gaya kepemimpinan mereka, dan menyesuaikan dengan pengikut atau kelompok.

Menurut Kreitner dan Kinicki (2005) teori kepemimpinan situasional ini tidak didukung secara kuat oleh penelitian ilmiah, dan inkonsistensi hasil penelitian mengenai kepemimpinan situasional ini dinyatakan oleh Kreitner dan Kinci (2005) dalam berbagai penelitian sehingga pendekatan ini tidaklah akurat dan sebaiknya hanya digunakan dengan catatan-catatan khusus.

3.            Faktor – faktor apa yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan (jawab dg menggunakan teori-teori kepemimpinan dengan menyebutkan nama-nama pakar di setiap teori tersebut)!

Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan adalah sebagai berikut:

a.            Menurut Genetic Theory

Efektivitas dari seorang pemimpin itu dipengaruhi dari faktor genetic dari orang tuanya.

b.            Menurut Path-Goal Theory

Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan ada dua yaitu karakteristik pribadi para karyawan atau bawahan dan lingkungan internal organisasi seperti misalnya peraturan dan prosedur yang ada.

c.            Menurut teori Situasional

Faktor dari efektivitas dari seorang pemimpin adalah hubungan antara pemimpin dengan anggota, kekuasaan posisi dan struktur tugas

d.            Menurut Traits Theory

Teori ini menyatakan bahwa efektivitas kepemimpinan tergantung pada karakter dari pemimpinnya. Karakter yang dimiliki seorang pemimpin menurut judith R. Gordon mencakup kemampuan istimewa dalam:

1.         Kematangan pribadi

2.         Pendidikan

3.         Status sosial ekonomi

4.         Human relation

5.         Motivasi intrinsik

6.         Dorongan untuk maju

e.            Behavioral Theory

Menurut teori behavioral ini efektivitas kepemimpinan tergantung pada bagaimana perilaku seorang untuk memimpin secara efektif.

f.             Teori Employee Oriented and Task Oriented Leadership-Leadeship Style Matrix

Teori ini memandang kepemimpinan itu efektif dilihat dari perilaku pemimpin dalam menyelesaikan tugasnya dalam memberikan tugas, mengatur pelaksanaan, mengawasi dan mengevaluasi kinerja bawagan sebagai hasil pelaksanaan tugas, dan perilaku pemimpin yang memandang penting hubungan baik dan manusiawi dengan bawahannya.

g.            Situasional Leadership

Menurut teori ini efektivitas kepemimpinan seorang pemimpin dapat dilihat dari faktor-faktor pemimpin efektif dalam melakukan diagnose situasi, memilih gaya kepemimpinan yang efektif dan menetapkan secara tepat.

h.            Fiedler Contingency Model

Model ini menyatakan bahwa gaya kepemimpinan yang paling efektif tergantung pada situasi yang dihadapi dan perubahan gaya bukan merupakan suatu hal yang sulit.

i.              Locke et.al (1991)

Efektivitas kepemimpinan adalah kemampuan dari pimpinan yang mampu membujuk orang lain dalam mengambil langkah menuju suatu sasaran bersama.

4.            Mengapa pendekatan kepemimpinan sangat penting dalam perkembangan Ilmu Administrasi Publik. Jelaskan dan berikan contohnya!

Pendekatan kepemimpinan sangat penting dalam perkembangan Ilmu Administrasi Publik dikarenakan administrasi publik mempunyai monopoli untuk menggunakan wewenang dan kekuasaan publik mempunyai wewenang untuk memaksakan kehendaknya kepada masyarakat untuk menciptakan kepatuhan terhadap hukum. Kekuasaan untuk melaksanakan paksaan dipahami sebagai (coircive power). Administrasi publik, merupakan penjelmaan dari hal tersebut dna diwujudkan dalam lembaga-lembaga publik seperti kepolisian dan kehakiman. Administarasi publik mempunyai prioritas administrasi publik mengandung tanggung jawab moral untuk mensejahterakan masyarakat, karena itu administrasi publik mempunyai prioritas dalam memberikan arahan dan pelayanannya.

5.            Buat tulisan singkat tentang :

a.            Kepemimpinan Transaksional

Kepemimpinan transaksional merupakan suatu kepemimpinan yang didasarkan pada kegiatan tawar menawar antara pimpinan dengan bawahannya. Pada gaya kepemimpinan ini memiliki karakter pemimpin memberikan reward atas tugas yang telah diselesaikan dengan baik oleh bawahannya dan juga pemimpin memberikan kontrol kepada kinerja bawahannya dengan evaluasi hasil kinerja bawahannya.

b.            Kepemimpinan Transformasional

Kepemimpinan transformasional merupakan jenis kepemimpinan yang prmimpinnya memberikan inspirasi kepada bawahannya dengan memberikan motivasi-motivasi yang mampu meningkatkan minat bekrerja dan menggali potensi yang dimiliki oleh bawahannya dengan tujuan untuk mencapai suatu visi dan misi perusahaan.

c.            Kepemimpinan Kharismatik

Kepemimpinan kharismatik merupakan salah satu tipe kepemimpinan yang didasarkan pada bakat yang dihubungkan dengan kemampuan yang luar biasa dalam hal kepemimpinan seseorang untuk membangkitkan pemujaan dan rasa kagum dari masyarakat terhadap dirinya.ciri-ciri dari kepemimpinan. Ciri-ciri dari kepemimpinan kharismatik adalah: memiliki visi yang amat kuat atau kesadaran tujuan yang jelas, mengkomunikasikan visi itu secara efektif, mendemonstrasikan konsistensi dan fokus, mengetahui kekuatan-kekuatan sendiri dan memanfaatkannya.

d.            Kepemimpinan sektor Publik

Kepemimpinan sektor publik adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya, untuk dapat melakukan suatu usaha berupa pekerjaan guna mencapai suatu tujuan yang ditetapkan dalam menyediakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan publik. Dalam hal ini organisasi publik tidak mencari suatu keuntungan tetapi bertujuan untuk memberikan suatu kesejahteraan kepada masyarakat yang dilayaninya. Sebagai seorang pemimpin sebagai yang melaksanakan pelayanan di sektor publik yaitu faktor kesejahteraan jasmani dan rohani, faktor kemampuan berfikir konseptual, kemampuan hubungan sosial, dan kemampuan tehnik

 

Daftar Pustaka

Ivancevich, John, M, Konopaske, & Matteson. 2008. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Invencevich, dkk. 2007. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga

Kreitner dan Kinicki. 2005. Perilaku Organsiasi. Jakarta : Salemba Empat

Yukl, Gary. 2005. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi ke 5. Jakarta : Indeks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s