Permasalahan sekitar pemasaran informasi perpustakaan dan Pelayanan meja terhadap keluhan

Permasalahan sekitar pemasaran informasi perpustakaan

*riset pasar untuk pengembangan layanan

*pengembangan produk

Materi Kuliah…..

Pelayanan meja terhadap keluhan

4 aspek pelayanan terhadap pengguna

  1. Empati: menghadapi pengguna yang emosi dan marah-marah, maka staf layanan harus berkepala dingin dan bersikap empati. Dengarkan keluhannya, memahami situasi yang dirasakan pengguna. Cara lain yaitu, masukkan user yang marah-marah tersebut kedalam sebuah ruangan tertutup dan selesaikan masalahnya denga menggunakan kepala dingin bagi staff tersebut.
  2. Kecepatan dalam penanganan keluhan.
  3. Kewajaran/keadilan dalam pemecahan permasalahan
  4. Kemudahan konsumen untuk menghubungi perpustkaan

Penanganan complain

  1. Menyimak keluhan user
  2. Bertanya dan mencatat yang diperoleh dari user
  3. Konfirmasi ulang permasalahan
  4. Memberi penjelasan
  5. Memantau penyelesaian masalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s