8 manfaat kesehatan makan-makanan mentah

Merdeka.com. Mengonsumsi makanan mentah memang bukan tren baru. Tetapi Anda bisa mencobanya demi mendapatkan manfaat kesehatan tertentu. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari All Women Stalk berikut ini.

Mengurangi gula
Ngemil makanan mentah seperti buah-buahan akan membuat Anda mampu mengontrol konsumsi gula. Selain itu, makanan mentah lebih banyak mengandung antioksidan sehingga tubuh pun akan mendapatkan banyak nutrisi lebih daripada ngemil keripik atau biskuit.

Hemat waktu
Anda jelas tidak perlu repot menyiapkan masakan jika mengonsumsi makanan mentah. Misalnya menikmati salad sayur di malam hari. Sebab makan malam memang dianjurkan tidak terlalu berkalori dan porsinya juga relatif kecil.

Lebih murah
Buah-buahan dan sayuran yang dibeli ketika musimnya tiba pasti memiliki harga yang relatif lebih murah. Jadi jika Anda memang ingin berhemat dalam pengeluaran makanan, perbanyak konsumsi makanan mentah harian Anda.

Rendah emisi karbon
Buah-buahan dan sayuran juga rendah emisi karbon. Sehingga makanan tersebut jelas ramah lingkungan. Anda pun sebaiknya membelinya dari petani langsung daripada mencari yang bentuknya instan dan kalengan di supermarket.

Tidak beracun
Makanan mentah tidak mengalami proses pemanasan dari memasak. Sehingga vitamin dan mineralnya masih tinggi. Selain itu, rendah kemungkinan makanan beracun dan bersifat karsinogen atau menyebabkan kanker jika diolah dengan proses memasak tertentu.

Lezat
Makanan yang dimasak memang enak, namun makanan mentah memiliki cita rasa yang begitu menyegarkan dan alami. Jadi makanan mentah bukan cuma mengandung gizi tinggi, tetapi juga lezat untuk dinikmati.

Kaya enzim
Kandungan enzim alami dalam makanan mentah mudah dicerna oleh tubuh dan ramah terhadap sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan sehat, biasanya kesehatan tubuh bagian dalam juga sehat secara keseluruhan.

Bebas rasa bersalah
Terkadang seseorang merasa bersalah setelah mengunyah secuil donat. Namun tidak jika Anda makan makanan mentah. Sebab kalori dari makanan mentah relatif kecil namun kandungan nutrisinya begitu banyak. Jadi Anda akan bebas dari rasa bersalah jika mengonsumsi makanan mentah di tengah-tengah program diet.

Meskipun demikian, Anda tidak harus makan makanan mentah setiap hari dan menjadi seorang vegetarian. Namun cobalah untuk membiasakan diri makan makanan mentah satu atau dua kali dalam seminggu demi menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s